16 November 2015

Mengenal Setting MikroTik Di Safe Mode

Apa sih modus “Safe Mode” di Mikrotik ? Safe mode adalah di mana perubahan konfigurasi dapat kembali seperti sebelumnya, jadi anggap kita sedang belajar atau coba-coba settingan di dalam router mikrotik yang aktif sedang dipakai. Jika terjadi kesalahan, dengan safe mode anda bisa dengan mudah mengembalikannya seperti semula. Yang dimaksud oleh saya adalah jika anda menerapkan perubahan atau klik OK, perubahan langsung terjadi dan konfigurasi lamanya masih tersimpan sampai router anda di reboot.

Dalam Safe Mode, jika tiba-tiba Anda kehilangan koneksi ke router saat setting mikrotik, semua perubahan yang dilakukan saat safe mode dikembalikan seolah-olah tidak pernah dikonfigurasi. Saya sarankan menggunakan safe mode ketika pertama kali belajar mikrotik, atau sedang mencoba-coba settingan baru. Namun, Anda harus keluar terlebih dahulu dari modus Safe Mode untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan pada modus safe mode.

Prosesnya seperti ini:

Login dengan modus “Safe Mode” >> membuat perubahan >> jika settingan terlihat ok >> keluar dari Safe Mode.


Setting MikroTik Di Modus Safe Mode


Safe mode dapat diakses di Winbox versi  5 ke atas, atau dari New Terminal.

Di WinBox, klik tombol Safe Mode:

Safe Mode MikroTik

Alternatifnya, dari New Terminal, ketik Ctrl-x. Terminal akan terlihat seperti ini :

MikroTik Safe Mode


Untuk keluar dari modus “Safe Mode”, klik tombol safe mode lagi atau ketik Ctrl-X di New Terminal.

Jika anda sedang setting dalam safe mode dan tidak mau menyimpan perubahan yang baru saja anda lakukan atau tiba-tiba jadi tidak bisa ter koneksi dengan router mikrotik Anda, klik tanda “X” pada jendela winbox atau tutup winbox di komputer Anda. Jika anda menggunakan New Terminal dan masih ter koneksi dengan Mikrotik Anda, ketik Ctrl-D untuk keluar dari safe mode dan mengembalikan perubahan seperti sebelumnya.