Inovasi-inovasi produk Mikrotik yang telah banyak dilakukan, terutama untuk operating system dan saat ini kita sudah bisa download versi MikroTik terbaru RouterOS versi 7 Stable. Yang sebelumnya kita menikmati hanya versi beta. Mikrotik RouterOS v7 ini sudah tersedia untuk semua platform / architecture.

Anda bisa download versi terbaru mikrotik v7 stable di situs resmi

Fitur Terbaru & Perubahan di MikroTik v7 Stable

Dan sekarang saya akan menginformasikan beberapa fitur dan perubahan apa saja yang di tambahkan di routeros mikrotik v7, fitur yang secara umum sering digunakan.

  • New Terminal, Penambahan atribute “/” di format command line.
  • IP > Route, Penambahan flag d-dhcp dan v-vpn.
  • System > Package, dijadikan bundle menjadi 1 yang sebelumnya di versi 6 terpisah-pisah.
  • IP > DHCP Server > Vendor Classes, digunakan untuk mengoptimalkan identifikasi vendor perangkat client.
  • Wireguard, Metode atau tipe VPN yang simple, modern, aman dan cepat untuk menghubungkan 2 site berbeda.
  • Docker/Container, Fitur Virtualisasi seperti VMware, VirtualBOX, tetapi dalam tingkat Operationg System (OS) atau Software.
  • Usermanager, Radius server terbaru yang disematkan pada mikrotik v7 mempunyai banyak perubahan fitur dan perbedaaan dari usermanager versi 6 sebelumnya.

Kita lanjut break-down dari masing-masing fitur terbaru tersebut. dan nantinya saya akan mencontohkan implementasi fitur tersebut pada artikel saya yang berikutnya.

New Terminal

Perubahan format command line pada New Terminal dengan menambahkan attribut “/”. Contohkan enjadi seperti ini :

[[email protected]] > ip/address/print 
Flags: D - DYNAMIC
Columns: ADDRESS, NETWORK, INTERFACE
#   ADDRESS          NETWORK       INTERFACE   
0   192.168.88.1/24  192.168.88.0  bridge1-lan 
1 D 10.20.8.222/32   10.20.8.1     pppoe-yasmin
New Terminal versi 7

Wireguard

Wireguard Mikrotik versi 7

Fitur terbaru untuk tipe VPN yang simple, modern, aman dan cepat untuk menghubungkan 2 site berbeda, Wireguard mikrotik lebih mudah di konfigurasi jika dibandingkan dengan IPSec atau OpenVPN dan sudah support cross-platform seperti Windows, Linux, macOS, BSD, iOS dan Android termasuk Mikrotik RouterOS.

VPN pada umumnya menggunakan system server client, tetapi wireguard menggunakan konsep peer yang dapat menghubungkan 2 site. untuk lebih jelasnya apa itu wireguard bisa kunjungi official website di WireGuard: fast, modern, secure VPN tunnel.

Docker/Container

Docker / Container Mikrotik v7

Fitur Virtualisasi seperti VMware, VirtualBOX, tetapi dalam tingkat Operationg System (OS) atau Software. Dengan fitur virtualisasi ini kita bisa install/menjalankan aplikasi server, software, server, os ke dalam mesin mikrotik yang sama dengan masukan image ke dalam container. Misalnya kita bisa pasang server Mikhmon, Adguard Home, PI-Hole, OS Linux dll.

Pada kesempatan berikutnya saya akan mencontohkan bagaimana install Mikhmon, Adguard Home, PI-Hole, OS Linux di mikrotik menggunakan docker/container di artikel berikutnya.

Usermanager

Yang lebih terlihat perubahaan atau update Usermanager v7 yaitu sekarang Anda dapat konfigurasi atau manage usermanager Anda langsung di winbox, seperti gambar dibawah :

Usermanager Mikrotik versi 7

Akan saya coba jelaskan dan contohkan bagaimana setting usermanager di mikrotik v7 di artikel berikutnya ya.

Sebenarnya masih banyak fitur dan perubahan pada versi 7 terbaru ini, hanya saja nantinya ingin coba sharing untuk fitur-fitur yang secara umum banyak di gunakan di mikrotik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.