Netinstall Mikrotik

Software Netinstall Mikrotik adalah sebuah aplikasi untuk install, format, reset ulang software/firmware RouterOS pada perangkat routerboard. Software yang dapat menyelesaikan masalah routerboard jika tidak bisa akses mikrotik karena system corrupt, bootloop, lupa username password mikrotik dengan memformat ulang drive system pada routerboard.

Untuk diperhatikan setelah install ulang dengan netinstall Semua Konfigurasi dan file MikroTik Anda akan hilang, tetapi netinstall tidak menghapus license key routeros Anda sebelumnya.

Warning!

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan netinstall mikrotik,

  • Software Netinstall yang bisa di download disini, pilih operating system yang Anda gunakan (yang tersedia Windows 32Bit, Windows 64Bit dan linux). Dan pilih versi yg mau digunakan, jika bingung pada versi RoSnya pilih saja yang versi “Stable”.
  • Download Firmware atau File Packages RouterOS sesuai dengan architecture routerboard Anda (MMIPS, MIPSBE, ARM64, SMIPS, TILE etc…).
  • Komputer Windows 32/64bit atau linux dengan LAN Card.
  • Kabel LAN.

Cara Netinstall MikroTik

Setelah mengetahui dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, berikut step langkah untuk netinstall mikrotik :

Merubah IP Address Statik Komputer

Hal Pertama adalah menyiapkan PC/Komputer yang akan digunakan untuk netinstall mikrotik dengan merubah IP Address LAN Card menggunakan statik IP.

Merubah IP Address Statik Komputer

Pada contoh ini saya membuat IP Address komputer menggunakan statik IP 192.168.88.100.

Download Netinstall MikroTik

Anda bisa download aplikasi netinstall mikrotik di www.mikrotik.com/download. Scroll down ke bawah halaman pada bagian GENERAL > Netinstall (Windows) dan pilih versi stable.

Download Netinstall MikroTik

Hasil download berbentuk file ZIP, ektrak ke PC Anda. Software netinstall yang sudah anda download adalah aplikasi portable, cukup klik 2x pada file netinstall.exe untuk menjalankannya.

Download File Firmware Mikrotik atau File Packages RouterOS

Pada halaman download yang sama, download firmware / packages sesuai dengan arsitektur routerboard mikrotik Anda. Misalnya pada contoh ini saya pakai RB941-2nD-TC yang mempunyai architecture SMIPS, jadi saya download versi terbaru stabil Main Packages routeros-smips-6.49.2.npk.

Setting Netinstall MikroTik di Windows.

Setelah 2 file tersebut Anda download, jalankan aplikasi netinstall.

Setting Net booting Netinstall mikrotik

Klik tombol “Net Booting“, pastikan opsi “Boot Server enabled” di centang, isi IP Address pada parameter “Client IP address” dengan 192.168.88.1.

Pilih file firmware Netinstall mikrotik

Klik tombol “Browse” dan pilih folder yang berisi file firmware .NPK yang sudah Anda download. Jika benar akan terlihat daftar file dan versi pada kolom packages (3).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.