Cara Setting WiFi Mikrotik

Kata siapa setting wifi mikrotik itu susah? dengan perkembangan teknologi wifi yang semakin canggih dan beragam, MikroTik pun ikut turut andil dalam dunia per-wifi-an. Tidak hanya sebagai perangkat yang me-“Routing Your World” yang mungkin terkesan susah untuk di konfigurasi oleh kalangan tertentu yang tidak ingin terlalu mendalami teknologi, MikroTik sudah menyediakan tools dan aplikasi yang memudahkan konfigurasi sebagai wifi router gateway internet.

Home WiFi Access Point MikroTik kekinian yang cocok digunakan di Rumah, Kos, Apartemen atau Kantor dengan menyediakan kemudahan setting wifi seperti Modem Router WiFi merk lainnya. MikroTik sudah mengembangkan media konfigurasi dari Android, Web Based dan Aplikasi GUI dengan hanya fokus pada penggunaan Home WiFi Access Point tanpa dipusingkan dengan konfigurasi rumit yang sebenarnya tidak perlu kita gunakan.

Sudah banyak produk-produk mikrotik routerboard yang di design untuk Home WiFi Access Point seperti RB931-2nD, RB941-2nD, RB941-2nD-TC, RB951Ui-2nD, RB952Ui-5ac2nD, RB952Ui-5ac2nD-TC, RB951Ui-2HnD, RBD52G-5HacD2HnD-TC, RB951G-2HnD, RBD53iG-5HacD2HnD, RB2011UiAS-2HnD-IN karena sudah build-in wifi dengan kisaran harga dari Rp.300.000 – Rp. 2.000.000 tergantung dari spesifikasi masing-masing tipe routerboardnya.

Cara Setting WiFi Mikrotik Dengan Android

Mikrotik sudah menyediakan aplikasi android yang di memang di design untuk konfigurasi Home WiFi Access Point pada umumnya, Anda bisa dowload aplikasi Android MikroTik Home di Google Play Store.

1 Hubungkan hp android Anda ke SSID WiFi Routerboard Mikrotik.

2 Buka aplikasi android Mikrotik Home, aplikasi akan scanning device routerboard Anda. Pilih mikrotik yang muncul di layar Anda.

3 Untuk Username Password default mikrotik adalah
Username : admin
Password : kosongin

4 Setelah berhasil login klik menu 3 dot/titik di pojok kanan bawah “More”

5 Pilih menu Quick Setup untuk memudahkan/diarahkan langkah-langkah konfigurasi wifi mikrotik.

6 Pada kolom “Network name” isi nama WiFi Anda dan isi password WiFinya pada kolom “Password

7 Berikan password login mikrotik router yang Anda inginkan.

8 Muncul informasi konfigurasi wifi mikrotik, klik SAVE untuk menyimpan.

Sampai sini anda sudah berhasil melakukan konfigurasi Home WiFi Access Point mikrotik routerboard, rekonek kembali wifi anda ke SSID wifi Anda yang baru.

Sekarang wifi Anda mempunyai nama berbeda dan harus memasukan password untuk bisa terhubung.

Cara Setting WiFi MikroTik Dengan PC

Cara kedua adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *