09 Desember 2015

Cara Print/Export Dokumen ke File PDF di Windows

Tidak seperti OS lainnya, Windows tetap tidak ada fitur PDF printer untuk print/export ke file PDF. Namun, nge print / export ke file format PDF cukup sederhana caranya. Anda bisa dengan mudah install PDF Printer gratis, atau menggunakan fasilitas Print to PDF bawaan di beberapa aplikasi.

Fitur PDF Printer di Windows 10

Jika anda menggunakan Windows 10, anda beruntung, karena akhirnya di windows 10 sudah ada fitur default printer untuk Print ke PDF. Jadi hanya pilih File yang mau dijadikan PDF dan print ke pilihan printer "Microsoft Print to PDF"

Dengan fitur di Windows 10  tersebut anda tidak perlu install aplikasi apapun agar bisa Print To PDF.

Cara Export ke File PDF Menggunakan PDF Printer

Windows tidak memasukan fitur Print to PDF secara default, hanya fitur print ke "Microsoft XPS" file format. Anda bisa install PDF Printer untuk nge print PDF dari beberapa aplikasi di Windows sama seperti nge print document ke printer fisik. PDF printer akan membuat virtual printer ke list printer yang terinstall. Jika anda print dokumen ke PDF printer, akan membuat file PDF di komputer Anda, bukan ke dalam bentuk kertas.

Anda bisa memilih PDF prnter gratisan yang beredar di internet, salah satunya bisa menggunakan aplikasi PDF Printer gratis dengan CutePDF Writer. Tinggal download, install dan selesai.

Install PDF Printer


Menggunakan Built-in Aplikasi Untuk Export ke File PDF

Beberapa aplikasi telah menambahan fitur tersendiri untuk export dokumen anda ke PDF. Di banyak aplikasi, anda bisa print to pdf tanpa harus menginstall PDF Printer.

Google Chrome : Klik menu dan klik Print. Klik tombol "Change" dibawah "Destination" dan pilih "Save as PDF"
Microsoft Office: Buka menu, pilih "Export", dan pilih "Create PDF/XPS Document" atau di Office 2010 Pilih "Save & Send" kemudian pilih "Create PDF/XPS Document"
LibreOffice: Buka File menu dan pilih Export as PDF.

Built-in Aplikasi Untuk Export ke File PDF