28 June 2014

Bagaimana Cara Efektif Melakukan Test Kualitas Koneksi Internet

Salah satu hal untuk menguji kualitas koneksi internet adalah speedtest ke salah satu situs test kecepatan koneksi internet, untuk mengetahui kecepatan koneksi internet Anda. Tetapi bagaimana jika Anda ingin melakukan pengujian lebih luas dari waktu ke waktu untuk melihat apakah Anda benar-benar mendapatkan kecepatan koneksi internet sesuai dengan yang anda bayar ke ISP Anda?

Dalam hati kita mungkin bertanya

  • Apa yang bisa saya lakukan untuk test kecepatan koneksi internet (kecepatan upload dan download) dan kualitas koneksi internet saya (ping, saat koneksi drop, dll)?
  • Apakah ada pertimbangan lain yang harus diambil ketika menguji koneksi internet?
  • Apakah ada sesuatu yang dapat melakukan ini secara otomatis dan memperlihatkan hasilnya?

Dari ketiga pertanyaan tersebut, berikut yang dapat bisa lakukan untuk memastikan kualitas koneksi internet kita.

Test Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet

Banyak situs yang menyediakan layanan test kecepatan internet. Di Indonesia terkenal dengan perbedaan kecepatan untuk domestic (lokal/IIX) dan global (internasional/IX). Dari 2 perbedaan kecepatan tersebut kita bisa melakukan test uji kecepatan koneksi internet ke lokasi yang berbeda.

Speedtest.Net
Sebuah situs test kecepatan koneksi internet yang mempunyai target uji ke berbagai negara. Anda bisa memilih lokasi di Indonesia, singapore atau USA. Situs menggunakan flash player dan tentu saja browser Anda harus support.

DSLReport.com Speedtest
Cara simple untuk menguji kecepatan internet Anda, dan support hampir semua browser ( Java, Flash and iPhone speed test) Uji kecepatan maksimum upload dan kecepatan download dari beberapa lokasi yang tersebar secara geografis.

Smokeping
Salah satu layanan untuk memonitor alamat IP Anda selama 24 jam atau lebih untuk meninjau packet loss dan / atau variabilitas latensi yang berlebihan.

Pingtest.net
Gunakan Pingtest.net untuk menentukan kualitas koneksi internet broadband Anda. Streaming media, voice, komunikasi video, dan game online yang membutuhkan lebih dari sekedar kecepatan koneksi internet.

test kualitas koneksi internet