05 Oktober 2013

Cara Test Template Baru Tanpa Ganggu Blog Utama

Mungkin agan merencanakan ganti baru template blogspot agan, tapi ingin tidak mengganggu blog utama yang sudah ada. Kita juga ingin mencocokan template baru dengan semua postingan dan widget sebelumnya. Dan juga menemukan error saat pasang template blogger baru dan ingin coba memperbaikinya. Jika kita pasang di blog utama dan error-error yang ada akan mengganggu kinerja blog kita. Jadi dalam postingan ini, saya ingin menunjukkan cara test template baru dengan semua postingan dari blog utama tanpa mempengaruhi kinerja blog utama.

Test Template Baru di Blog Kloningan

Cara Test Template Baru di Blog Kloningan

  • Buat blog blogspot baru untuk testing atau blog kloningan. 
  • Export semua data dari blog utama anda, Masuk ke Blogger Dashboard >> Settings >> Other >> Export Blog. Fungsi ini akan export semua postingan dan komen ke file XML. 
  • Import export-an xml barusan ke blog kloningan buat test template baru. Masuk ke Blogger Dashboard >> Setting >> Other >> Import, jendela baru akan muncul. Pilih file XML export-an blog utama agan, dan tunggu sampai proses selesai.  
  • Setelah itu, semua postingan dari blog utama anda masuk ke blog kloningan agan. Sekarang agan bisa test dengan semua postingan, semua widget, script dan function dari template blogger baru anda. 
  • Untuk menghindari Duplicate Content di mata mesin pencari Google, setting blog kloningan agar tidak bisa di jelajahi oleh robot crawler google. Masuk ke Blogger Dashboard >> Setting >> Basic >> Privacy setting ke "Let search engines find your blog?" No "Add your blog to our listings?" No dan "Basic Readers" setting ke Private - Only blog authors

Setelah agan selesai meng-edit template baru agan di blog kloningan, sekarang agan bisa gunakan di blog utama. Edit-edit an dari pergantian template baru di blog utama jadi ga kelamaan, ga ganggu kinerja blog utama agan waktu rubah-rubah pake template baru dan ga ganggu mata pengunjung agan juga.