03 Oktober 2013

Cara Integrasi Google Plus untuk SEO Wordpress

Munculnya Jetpack versi 2.5 pada September 2013 dengan beberapa fitur baru yang muantab. Dan salah satunya adalah integrasi google plus untuk SEO Wordpress. Kok saya bilang untuk meningkatkan SEO Wordpress ? Agan pasti dah tau yang namanya Author Rich Snippet Google Plus yang mampu meningkatkan trafik dengan click through rates (CTR) tinggi di halaman pencarian google. Selain google lebih melihat blog wordpress yang integrasi ke google plus lebih baik. Orang lebih meng-klik pencarian yang terlihat ada foto atau terlihat beda antara blog kita di banding yang lain di halaman hasil pencarian mbah google. 

google plus authorship Rich Snippet

Dengan integrasi google plus ini, pengguna blog platform wordpress dapat melakukan layanan sosial dari google plus itu sendiri seperi berikut :
  • Posting Komentar menggunakan Akun Google+ agan.
  • Author / penulis di WordPress langsung terhubung ke profil Google Plus agan. Menciptakan koneksi resmi antara Jetpack dan akun Google+ agan. Ini membantu mbah Google memahami siapa yang membuat halaman tertentu dan dapat digunakan untuk membantu meningkatkan akurasi hasil pencarian, dan memperindah halaman blog agan dalam halaman hasil pencarian mbah Google.
  • Nama penulis yang muncul pada postingan agan dan komentar akan menampilkan nama agan yang agan miliki di Profil Google Plus.
  • Di bagian bawah single Post / Pages ditambahkan link ke Profil Google plus agan, terdapat juga tombol Follow Akun Google+ agan sehingga orang dapat mem Follow agan di Google+, dan juga terlihat gambar avatar yang dipasang di Profil Google+ agan.
follow button google plus wordpress

Sayangnya fitur Publicize yang ada di wordpress belum ada sharing otomatis ke akun Google Plus agan ketika agan mempublikasikan postingan baru. Publikasi otomatis postingan baru di media sosial masih Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr sama Path.

Cara Setting Integrasi Google Plus di Wordpress

Pastikan services Sharing di Jetpack sudah aktif.
  • Buka Dashboard > Setting > Sharing.
  • Diatas sharing button, klik Sign In yang ada logo G+.
Integrasi Google Plus di Wordpress
  • Pada pop-up, klik tombol Accept untuk mengizinkan Jetpack agan untuk dihubungkan ke Profil Google+ agan.
  • Setelah diotorisasi, Anda akan melihat gambar Profile Google+, nama agan, dan konfirmasi bahwa agan terhubung
sharing google plus wordpress 

Cara Verifikasi Author Rich Snippet Google Plus

  • Buka akun Google Plus agan
  • Di bagian atas, klik About
  • Cari bagian Contributor to trus klik Edit dan Klik Add Custom Link
contributor blog google plus
  • Isi nama blog dan URL blog agan, dan klik Save
 

Verifikasi Email Google Authorship

verifikasi email authorship google plus

 

Tool Buat Test Author Rich Snippet Google Plus

Setelah semua sudah di lakukan sekarang kita harus pastikan semuanya sudah benar.
Jika benar hasilnya akan seperti ini :
google_author_rich_snippets_test
Kita tinggal menunggu si robot godek google menjelajahi blog agan untuk indeks ulang semua halaman. Ga ada jaminan semua halaman akan tampil kyk gitu. Bahasanya google "suka-suka gw donk", entah algoritmanya kyk gimana buat Rich Snippetnya. Gitu deh gan ulasan saya mengenai Cara Integrasi Google Plus untuk SEO Wordpress.