Cara Setting Portal Akses Hotspot Gratis MikroTik

Salah satu fitur hotspot mikrotik yang dapat kita fungsikan sebagai "free trial" atau akses internet gratis wifi hotspot. Mungkin di beberapa lingkungan bisnis Anda seperti restoran, coffee shop, sekolah, rumah sakit, hotel dll, dengan memberikan layanan koneksi wifi internet gratis untuk pengunjung / customer Anda tanpa harus membuat atau membagikan username password. Customer anda cukup klik atau tap tombol Free Access / Akses Internet Gratis pada portal halaman login hotspot Anda.

Dengan fitur ini Anda dapat mengatur :

  • Uptime, konfigurasi untuk seberapa lama customer/pengunjung Anda dapat akses internet gratis.
  • Kuota Data, konfigurasi untuk seberapa besar kuota data yang bisa di gunakan oleh customer/pengunjung Anda.
  • Speed Limit, batasan kecepatan koneksi internet agar tidak menghabiskan semua bandwidth. 

Meng aktifkan fitur Trial / Akses Internet Gratis

Di tutorial dasar setting hotspot mikrotik sebelumnya, dapat di aktif kan fitur ini dengan menambah atau merubah setting pada "Server Profiles" hotspot kita.

Meng aktifkan fitur Trial / Akses Internet Gratis Mikrotik

  1. Centang pada opsi "Trial".
  2. "Trial Uptime Limit" isi berapa lama waktu pengguna dapat menggunakan akses internet gratis. 
  3. "Trial Uptime Reset" lama waktu reset uptime pengguna. 
  4. "Trial User Profile" User Profiles yang digunakan oleh pengguna trial/internet gratis. 

Dri contoh gambar diatas, jadi kita memberikan akses internet gratis selama 3 jam (Pt.1) dan setelah kuota waktu pengguna sudah habis, pengguna/gadget yang sama dapat menggunakan kembali akses internet gratis setelah 18 Jam berikutnya (Pt. 3) dan menggunakan konfigurasi "User Profile" dengan nama "trial".

Membuat User Profile

Dengan memanfaatkan fitur trial/akses gratis kita perlu membuat konfigurasi profile user yang akan di terapkan pada user-user yang menggunakan akses internet gratis.

Membuat User Profile Mikrotik

  1. "Name" contoh isi dengan nama "trial"
  2. "Rate Limit (rx/tx)" membatasi kecepatan upload dan download per user.

Seperti di gambar kita konfigurasi User Profile yang digunakan untuk user trial / internet gratis menggunakan nama "Trial" dan dibatasi kecepatan upload 64Kbps dan download 384Kbps untuk masing-masing user.

Membatasi Kuota Data User Trial / Akses Gratis

Sebelumnya kita membatasi user berdasarkan uptime/waktu, bagaimana jika kita ingin membatasi akses berdasarkan kuota data / besarnya data yang dihabiskan oleh pengguna?

Fitur trial ini mikrotik mempunya fungsi yang dapat membatasi penggunaan internet berdasarkan kuota data. Anda bisa lihat di IP > Hotspot > Users terdapat line "counters and limits for trial users"

Membatasi Kuota Data User Trial / Akses Gratis

Contoh di atas kita membatasi akses gratis koneksi internet dengan total kuota data 250MB (total download & upload), jika pengguna sudah melebihi batas kuota data tersebut, pengguna sudah tidak dapat menggunakan koneksi internet.

Custom Login Page Free Internet Access

Pada tampilan portal standar mikrotik mungkin agak sulit terlihat untuk pengguna akses gratis.


Anda bisa menggunakan beberapa template login page yang bisa digunakan untuk memberikan layanan internet gratis di Download Gratis Login Page Hotspot MikroTik. Contoh halaman portal yang di khusus kan untuk memberikan layanan internet gratis kepada tamu atau pelanggan dalam bisnis Anda dengan memanfaatkan fitur “Trial” hotspot mikrotik hanya menggunakan sekali tap/klik tanpa repot membagikan voucher / username password.

Custom Login Page Free Internet Access





EmoticonEmoticon