Manajemen Bandwidth User Hotspot Mikrotik Dengan Queue Tree

Dalam artikel ini saya akan mencontohkan manajemen bandwidth user hotspot mikrotik dengan queue tree limitasi/batasan kecepatan bandwidth share pada group username yang berbeda. Pada artikel saya sebelumnya "Cara Membuat Username dengan Limitasi Bandwidth/Kecepatan Internet", limitasi bandwidth user hotspot hanya per user, yang kita set parameternya pada masing-masing User Profile.

Contoh kali ini adalah kita akan membuat jaringan hotspot pada sekolah, dan akan membuat kebijakan :

  • User Profile "Guru", yang akan mempunyai limitasi bandwidth share Up To 2Mbps. 
  • User Profile "Siswa", yang akan mempunyai limitasi bandwidth share Up To 1Mbps.

Setting User Profile "Guru"
Kita set/buat User Profile untuk username untuk "Guru" yang nantinya mempunyai limitasi bandwidth maksimal 2Mbps untuk semua "Guru". Dan hanya menggunakan 1 username (Shared User)

Setting User Profile "Guru"


Setting User Profile "Siswa"
Kita set/buat User Profile untuk username untuk "Siswa" yang nantinya mempunyai limitasi bandwidth maksimal 1Mbps untuk semua "Siswa". Dan hanya menggunakan 1 username (Shared User)

Setting User Profile "Siswa"


Terlihat saya set parameter pada opsi "Incoming-Packet-Mark & Outgoing-Packet-Mark" karena pada contoh ini akan menggunakan Queue Tree untuk manajemen bandwidth hotspot dengan packet-mark yang dibuat otomatis oleh Hotspot-User Profile.

Marking paket yang otomatis oleh User-Profile diperlukan mangle dengan action=jump ke chain=hotspot agar tehnik ini dapat berjalan. Karena packet-mark yang dibuat otomatis oleh Hotspot-User Profile berada pada chain=hotspot.

action=jump ke chain=hotspot

action=jump ke chain=hotspot

Jika ada User Hotspot yang Login maka akan terdapat otomatis rule mangle mark-packet baru yang ditambahkan oleh User-Profile yang sudah kita buat sebelumnya.

mangle packet user hotspot

Dengan mangle tersebut bisa kita terapkan manajemen bandwidth menggunakan Queue Tree. Disini kita akan membuat bandwidth share /upto per group client hotspotnya.


Manajemen Bandwidth 

Pada step ini kita akan set manajemen bandwidth hotspot mikrotik menggunakan queue tree. Step pertama kita tentukan parent Total Bandwidth Download & Uploadnya.

parent Total Bandwidth Download & Upload

Kemudian kita buat Child Parent untuk "Guru", dengan limitasi maksimal download 2mbps dan upload 256kbps untuk group semua user guru.


Child Parent untuk "Guru"

Terakhir kita buat Child Parent untuk "Siswa" dengan limitasi maksimal download 1mbps dan upload 256kbps untuk group semua user siswa.

Child Parent untuk "Siswa"

Hasilnya akan menjadi seperti ini :

Manajemen Bandwidth User Hotspot Mikrotik Dengan Queue Tree


EmoticonEmoticon