Cara Memindahkan Aplikasi Redmi 2 Ke Eksternal SD Card

Untuk pengguna MIUI Xiaomi Redmi 2 yang mempunyai  Redmi 2 dengan ruang penyimpanan internal sebesar 8GB, dan hanya kurang lebih 5GB yang bisa digunakan aplikasi android, foto, musik ataupun hasil download. Buat anda yang sering download atau bermain games android, untuk kualitas games android level menengah keatas membutuhkan download file data  sangat besar. Jika hanya mengharapkan memori internal saja, tentu saja akan tidak cukup jika Anda ingin install games android yang sangat banyak.

Di artikel ini saya mencontohkan memindahkan aplikasi android redmi 2 ke eksternal SD Card, atau menjadikan memory ekternal SD card menjadi default penyimpanan menggunakan aplikasi Xposed dan salah satu module nya. Anda hanya perlu memasang xposed framework dan module nya kemudian setting hanya pada pertama kali agar memory eksternal SDCard menjadi default penyimpanan aplikasi android yang Anda install. Prosesnya pemindahannya otomatis, anda tidak perlu copy paste folder Data/OBB ke sdcard anda secara manual.

Untuk syaratnya adalah Xiaomi Redmi 2 Anda harus dalam keadaan Root, untuk cara rooting pada ROM MIUI Global anda bisa lihat artikel saya sebelumnya di Cara Install Recovery TWRP dan Cara Root Android di Xiaomi Redmi 2. Jika Anda menggunakan ROM MIUI Developer cukup aktifkan Root Permission dari aplikasi MIUI >  Security > Permission.


Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card

Pertama, unduh WSM Tools lalu Install. Buka WSM Tool lalu Klik tombol Install, ijinkan hak akses root jika muncul notifikasi, setelah selesai reboot android Anda.

install xposed framework

Cara Install Xposed Framework di MIUI 7

Bagi yang menggunakan MIUI 7 Stable, karena tidak compatible menggunakan WSM Xposed Installer bisa lihat di Cara Install Xposed Framework di MIUI 7.

Kedua, Download module Xposed bernama XInternalSD. Install APK tersebut, setelah selesai aktifkan module tersebut di WSM Tool.

activated module xposed


Ketiga, Buat settingan  pada aplikasi XInternalSD, seperti gambar di bawah. Kemudian reboot kembali redmi 2 Anda.

XinternalSD


Ada beberapa aplikasi android yang ngaco jika di aktifkan di  XInternalSD, jika hal tersebut terjadi pada redmi 2 Anda, cukup disable dan pilih aplikasi yang bermasalah pada menu "Disable for apps".

Disable apps xinternalsd


Folder pada SDCard anda akan berisi file aplikasi & games di Android/DATA atau Android/OBB, file-file yang besar akan ada di memori eksternal sdcard Anda tidak lagi di memori internal redmi 2 Anda.

Memindahkan aplikasi android di Redmi 2 Ke Eksternal SD Card sudah selesai.

1 comments

Saya mau tanya, knp memori tambahan 8gb saya tidak terbaca..
Mohon penjelasannya..


EmoticonEmoticon