Pengertian & Implementasi Dasar Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer adalah kumpulan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan, dua komputer atau lebih yang terhubung. Ketika komputer tergabung dalam jaringan, orang dapat berbagi file dan perangkat seperti modem, printer, harddisk penyimpanan, atau CD-ROM drive. Mungkin beberapa dari Anda (dulunya) berbagi file antara komputer menggunakan USB Flashdisk atau memory card, tapi dalam jaringan memungkinkan Anda untuk berbagi file lebih cepat, lebih nyaman, lebih efesien dan efektif.



Keuntungan Membangun Jaringan Komputer


Berbagi File (file sharing), berbagi file dalam jaringan lebih fleksibel dibanding menggunakan USB Flashdisk atau memory card. Bukan hanya bisa berbagi foto, musik dan dokumen, tapi anda juga bisa backup / copy semua file data penting ke beda komputer. Backup adalah salah satu tugas yang paling penting dilakukan untuk menjaga file-file penting Anda. Atau anda dapat menggunakan Backup Data Online Gratis Dengan Dropbox alternatif untuk backup file penting Anda.

Berbagi/sharing  printer, Anda tidak perlu membeli 1 printer per komputer, dalam jaringan sangat mudah untuk membuat semua komputer bisa memakai hanya 1 printer.

Berbagi/sharing koneksi Internet, dengan menggunakan jaringan, semua keluarga dapat mengakses koneksi internet bersamaan tanpa harus membayar ISP atau provider internet masing-masing perorang.

Bermain Games (multiplayer games), sudah banyak games yang support dimainkan bersama-sama dalam jaringan, anda bisa bermain atau interaksi dalam games bersama-sama keluarga ataupun teman.



Bagaimana dan Kapan Anda Membangun Jaringan Komputer ?


Kapan?

  • Saat anda mempunyai 2 komputer atau lebih yang mau dihubungkan.
  • Mempunyai kebutuhan untuk berbagi file dari 1 komputer ke komputer lainnya.
  • Ingin bermain multiplayer games.
  • Ingin berbagi / sharing koneksi internet.
  • Ingin berbagi printer atau perangkat lainnya.

Bagaimana?

Disini coba berbagi salah satu bagaimana implementasi paling dasar topologi jaringan komputer. Contoh dasar implementasi untuk topologi jaringan dalam jaringan rumah.



Membangun Jaringan Komputer Di Rumah


Pertama saya akan coba menjelaskan implementasi jaringan di rumah.

Saya anggap anda menginginkan seperti ini :

Saya berlangganan internet di rumah (telkom speedy atau fastnet) dan saya mempunyai 2 komputer desktop, 2 laptop, dan 1 modem internet, saya ingin semua komputer dan laptop terhubung dan juga dapat menggunakan koneksi internet ISP langganan saya bersama-sama. Dan saya mau juga 1 laptop dapat terhubung dimana saja selama di dalam rumah dengan wifi.

Trus apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana membuatnya ?

Topologi jaringan rumah tersebut membutuhkan perangkat :

  • Wireless Router, banyak beredar wireless router di indonesia yang terjangkau. Bisa pilih dari Merk TP-Link, D-Link dll.
  • Kartu jaringan (atau yg disebut juga LAN Card, Ethernet Card)
  • Kabel LAN/Data, kabel ini yang menghubungkan kartu jaringan/LAN Card dari masing-masing komputer desktop atau laptop ke router Anda. Anda bisa beli kabel LAN yang sudah jadi (sudah dengan konektornya di kedua ujungnya) atau mencoba untuk membuat sendiri. Panjangnya tentukan sesuai jarak dari router ke masing-masing komputer. Lihat juga : Cara Membuat Kabel UTP / Kabel LAN
  • Laptop dengan perangkat Wifi/wireless.

Kemudian anda atur kabel LAN untuk menghubungkan semua komputer-komputernya seperti gambar di bawah :


  • Dari LAN Card komputer-komputer desktop dimasukan ke PORT LAN 1-4 ke wireless router anda.
  • Dari port Modem Internet Speedy/Fastnet ke PORT WAN wireless router anda.
  • Setting Wireless Router Anda sebagai Akses Point agar laptop atau device/gadget anda bisa terkoneksi via wifi.

Demikian Pengertian & Implementasi Dasar Jaringan Komputer, semoga dengan informasi penyampaian artikel tersebut dapat membantu Anda.



EmoticonEmoticon