Cara Setting Waktu, Jam & Tanggal Router MikroTik

Pengaturan setting waktu, jam & tanggal pada router mikrotik sudah wajib dilakukan jika menerapkan rule/script yang bisa berjalan menggunakan parameter waktu tertentu. Misalnya Scheduler, disable/enable script firewall (parameter Time), Kids Control dan informasi waktu pada pencatatan log router mikrotik.

Perbedaan waktu antara waktu nyata pada zona Anda dengan konfigurasi waktu pada router akan menjadi tidak sama/tidak sesuai yang dapat membingungkan Anda untuk membaca informasi waktu.

Berikut 3 Cara Setting Waktu, Jam & Tanggal pada Router MikroTik
Contoh setting merubah waktu di router mikrotik di artikel ini menggunakan versi routerOS 6.49.1, tampilan mungkin berbeda untuk versi sebelumnya.

Merubah Secara Manual

Waktu Jam Tanggal Mikrotik

Pada Winbox buka menu System >> Clock, anda bisa rubah sesuai waktu Anda. Karena router saya sudah terkoneksi ke internet (otomatis update) terlihat jam dan tanggal tidak sesuai dengan waktu nyata saya karena mengunakan Zona yang salah (+00:00).

Karena saya berada di jakarta dan zona saya di +07:00 maka rubah pada parameter Time Zone Name : Asia/Jakarta.

Sinkronisasi Waktu Otomatis (SNTP Client)

SNTP Client Mikrotik

Jika router Anda terkoneksi internet, Anda bisa melakukan sinkronisasi waktu secara otomatis dengan merujuk ke NTP Server di internet.

Di menu winbox System >> SNTP Client.
Centang opsi “Enable
Primary NTP Server : 0.id.pool.ntp.org
Secondary NTP Server : 1.id.pool.ntp.org
klik Apply

Pastikan Anda sudah mengarahkan setting Time Zone yang sesuai daerah/lokasi Anda pada System >> Clock.

Hal ini Anda perlu perhatikan contohnya jika Anda menggunakan Aplikasi Voucher Hotspot berbasisi API seperti mikhmon, yang prosesnya menggunakan time stamp/parameter waktu router mikrotik Anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *